Contoh Tugas Akhir

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1    Latar Belakang

Perkembangan bindang teknik informatika saat ini memungkinkan semua bidang kehidupan manusia dqapat semakin ringan dengan bantuan computer. Demikian halnya dengan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu penyusun ingin membuat database penjualan almari. Karena, biasanya orang yang mempunyai usaha jual almari kesulitan untuk mendata keluar masuknya barang di tokonya.  Dan penyusun ingin membuat suatu Program Data Produk dan Pemasaran berbasis Web. Agar mempermudah user melihat data produk dan data pemasaran. Program ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai databasenya.

Dari kedua hal diatas saya sebagai siswa SMK PGRI 3 Malang Program Keahlian Teknik Informasi bermaksud membuat Tugar Akhir yang berjudul “Penjualan almari”.

1.2    Rumusan Masalah

  1. Bagaimana cara membuat database.
  2. Bagaimana cara membuat Aplikasi Tampilkan database di web program.
  3. Bagaimana cara membuat Aplikasi Tambahkan database di web program.
  4. Bagaimana cara membuat Aplikasi Update database di web program.
  5. Bagaimana cara membuat Aplikasi Cari database di web program.
  6. Bagaimana cara membuat Aplikasi Hapus database di web program.

1.3    Batasan Masalah

  1. Hanya membahas tentang cara membuat database.
  2. Hanya membahas tentang cara membuat Aplikasi Tampilkan.
  3. Hanya membahas tentang cara membuat Aplikasi Tambahkan.
  4. Hanya membahas tentang cara membuat Aplikasi Update.
  5. Hanya membahas tentang cara membuat Aplikasi Cari.
  6. Hanya membahas tentang cara membuat Aplikasi Hapus.

1.4    Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui informasi data kelur dan data yang masuk.
  2. Untuk syarat mengikuti uji kompetensi di SMK PGRI 3 Malang.

1.5  Manfaat Penelitian

  1. Memberikan kemudahan untuk mengecek data yang sudah ada.
  2. Memberikan kemudahan untuk mengecek data yang keluar.
  3. Dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah di dapat selama 1 tahun, terutama dalam menerapkan kemampuan pemograman.

1.6    Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang digunakan pada laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

            Pada pendahuluan ini dibahas tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.

 

 

BAB II LANDASAN TEORI

            Pada bab ini dibahas tentang landasan teori dari , Stuktur Dasar HTML, MySql, PHP, Dreamweaver, Xampp.

BAB III PERANCANGAN

Bab ini membahas tentang gambaran objek penelitian, berisikan cara sederhana tentang pengoperasian pembuatan database penjualan almari.

BAB IV PEMBAHASAN dan ANALISA

            Bab ini membahas tentang konfigurasi akhir program, tampilan program, pembuatan aplikasi, dan penjualasannya.

BAB V PENUTUP

        Bab ini membahas tentang kesimpulan dari bab-bab yang telah dibahas dan memberikan saran dari program yang dibuat.

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Struktur Dasar HTML

Sesuai dengan namanya yaitu Hyper Text Markup Language maka dokumen HTML, terdiri dari tanda-tanda (Markup) untuk menandai perintah perintahnya (yang selanjutnya). Tag HTML biasanya tag-tag berpasangan yang ditandai dengan symbol lebih < dan >, sedangkan ‘pasangan’ atau akhir perintah dari sebuah tag ditandai dengan tanda ‘/’ misalnya pasangan dari tag <tag> adalah </tag>.

Setiap dokumen HTML memiliki stuktur sebagai berikut:

<HTML>        : Sebagai tanda awal dokumen HTML.

<HEAD>        : Sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bias  meletakkan tag-tag TITLE, LINK, STYLE.

<TITLE>         : Sebagai title atau judul halaman. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser anda (pada title bar).

                      Contoh: <TITLE>Tugas Akhir</TITLE>

<BODY>        : Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page atribut seperti warna latar belakang, warna teks, warna link, warna visited link, warna active link dan lain lain.

Atribut:

BGCOLOR : Memberi warna pada table.

BACKGROUND : Memberi background (warna pada halaman web).

LINK : Untuk memindahkan halaman satu ke halaman lain.

LEFTMARGIN            : Memberi jarak garis ke kiri.

TOPMARGIN : Memberi jarak garis ke atas.

Contoh dokumen HTML:

<html>

<head>

<title>Halaman Pembuka</title>

</head>

<body bgcolor=”FFFFFF” background=”images/gambar1.gif”> letakan link disini

</body>

</html>

2.2 PHP

PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server, sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.

 

File contoh1.php:

<html>

<head>

<title>

Contoh Sederhana

</title>

</head>

<body>

<?php

echo(“Hallo apakabar? Nama saya PHP script”);

?>

</body>

</html>

2.3 MySQL

Dalam bahasa SQL pada umumnya informasi tersimpan dalam tabel-tabel yang secara logik merupakan struktur dua dimensi terdiri dari baris (row atau record) dan kolom (column atau field). Sedangkan dalam sebuah database dapat terdiri dari beberapa table.

2.4 Dreamweaver

Macromedia Dremweaver adalah editor web professional yang digunakan untuk mendesain dan mengelola situs web atau halaman web. Dremweaver paling sering digunakan oleh web desainer atau web programmer dalam mengembangkan suatu web. Hal ini disebabkan area kerja, fasilitas, dan kemampuan Dremweaver yang makin powerful dan menunjang peningkatan produktifitas dan efektifitas untuk mendesain atau membangun situs web. Dremweaver juga dilengkapi dengan fasilitas untuk manajemen situs yang cukup lengkap.

(contoh tampilan dreamweaver terlampir)

2.5 XAMPP

Perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak system operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache, HTTP server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sisitem operasi apapun), A (Apache), M (MySQL), P (PHP), P (Perl). Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkannya dapat mendownload langsung dari web resminya.

(contoh tampilan xampp terlampir)

BAB III

PERANCANGAN

3.1 Desain Dan Perancangan Program

Perancangan merupakan proses yang kita lakukan terhadap suatu proyek yang akan kita kerjakan, mulai dari rancangan kerja, rangkaian , hingga hasil jadi yang akan difungsikan. Perancangan sebagai kerangka, desain dan pembangunan database merupakan bagian yang terpenting dari seluruh pembuatan tugas akhir ini. Pada prinsipnya perancangan dan sistematika yang baik akan memberikan kemudahan dalam proses pembuatan hingga menjadi suatu program yang benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya.

3.2 Pembuatan Database

Untuk membuat database dan table, langkah-langkahnya adalah:

  1. Memastikan program Apache (PHP) sudah terinstall di dalam computer.
  2. Membuka dan menjalankan file yang berada di folder ….\Apache\Mysql\winmysqladmin.exe.
  3. Membuka dan menjalankan program Apache.
  4. Masuk pada Internet Explorer atau Morzila seperti gambar dibawah ini.

 

 

Gambar 3.1 Tampilan PHP My Admin

  1. Setelah muncul tampilan diatas ketikkan nama database selanjutnya tekan enter. Maka akan muncul tampilan seperti ini:

 

Gambar 3.2 Tampilan Membuat Database

  1. Setelah itu ketikkan nama table dan jumlah field yang akan kita buat pada table. Pengisian nama table dan jumlah table ditandai oleh tanda elips. Setelah pengisian selesai klik tanda Go.
  2. Setelah menekan enter maka table telah dibuat dan akan muncul tampilan sebagai berikut:

Gambar 3.2 Tampilan Field Dari Table Yang Dibuat

  1. isikan bagian field untuk nama kolom, type untuk menentukan ukuran berapa panjang karakter yang dapat termuat dalam field.
  2. Setelah anda mengisikan semua criteria field dan table klik Simpan.

3.2 Table Pada Database

a. Data Produk:

Field

Type

Null

Nomor lemari verchar(15) No
Nama lemari verchar(15) No
Jenis lemari verchar(15) No
Berat lemari verchar(15) No
Harga lemari verchar(15) No

Table 3.1 Data Produk

 

 

 

b. Data Pemasaran:

Field

Type

Null

Nomor lemari verchar(15) No
Nama lemari verchar(15) No
Jenis lemari verchar(15) No
Berat lemari verchar(15) No
Harga lemari verchar(15) No

Table 3.2 Data Pemasaran

3.3 Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan website ini, minimal Personal Computer (PC) atau Laptop. Dan alat lainnya yang digunakan unutk mendukung adalah sebagai berikut:

  1. Perincian Alat

~ Processor Intel Core i3 2.13 GHz.

~ Harddisk 330 GB.

~ RAM 2.00 GB.

~ VGA

~ Printer.

  1. Software

~ Microsoft Windows 7 Home Basic.

~ Macromedia Dreamwever 8.

~ XAMPP, dimana sudah terintegrasi dengan PHP, MySQL, dan Apache.

 

 

 

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

4.1 Konfigurasi Akhir Progam

Setelah proses pembuatan program selesai, supaya bisa dipasarkan dimasyarat maka, selanjutnya diperlukan proses pengujian program yang bertujuan sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui apakah program yang telah dibuat dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

b.   Untuk mengetahui apakah komponen-komponen yang telah dibuat dapat berfungsi sesuai dengan prosedur yang diinginkan.

  1. Memeriksa apakah terdapat kesalahan pada source code.
  2. Untuk mengetahui apakah program telah efektif dan efisien.

4.2 Pengujian Program

            Apabila program telah selesai maka program ini harus decompile atau diujikan apakah program dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Jika semua form dapat bekerja dengan baik sesuai yang kita harapkan, maka program bisa digunakan.

4.3 Pengujian Profil

 

4.4 Pengujian Tampilan Data Produk

            Tampilan Data Produk terdiri dari tampilan data table, tambah data, update data, cari data, hapus. Berikut ini tampilan table dari data produk:

 

4.5 Pengujian Tambah Data

4.6 Pengujian Search Data

 

 

BAB V

PENUTUP

 

5.1   Kesimpulan

Dengan selesainya tugas akhir yang berjudul Membuat Database Penjualan Almari berbasis Web ini, mulai dari perancangan program sampai diujicobakan.Program ini bisa menguntungkan bagi pengguna karena program ini meskipun sederhana tetapi bermanfaat karena pengguna tidak perlu mendata member kita dengan cara manual lagi.

5.2  Saran

Dalam pembuatan program ini banyak hambatan yang itu semua adalah suatu pelajaran baru bagi penulis dalam mengembangkan inspirasinya. Seharusnya dalam pembuatan suatu program, seorang siswa sebelumnya sudah diberi materi pembelajaran yang sifatnya mengenalkan. Karena dalam pengerjaannya sendiri jika sebelumnya belum pernah dikenalkan sama sekali maka nantinya akan mengalami banyak sekali hambatan. Dan harapan saya, semoga tugas akhir ini berguna bagi adik-adik kelas.

5.3  Daftar Pustaka

 

 

 

 

 

 

5.4  Lampiran – lampiran

   

  • Contoh tampilan xampp

 

  • Contoh tampilan dreamweaver

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar
  1. dewa mengatakan:

    bagus

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s